Penting! 10 Manfaat Kesehatan Garut/Irut

Tepung Irut atau Tepung Garut
Author
Shopee Icon Tokopedia Icon TikTok Shop Mahkota Dollar Link Tree Mahkota Dollar

Tidak banyak orang yang tahu tentang nama tanaman atau bahkan nama tepung yang satu ini, di beberapa daerah disebut dengan nama irut atau angkrik atau juga dikenal dengan garut atau dalam bahasa inggris dengan arrowroot. Jika ditelusuri lebih lanjut ada beberapa nama lagi untuk tamanan ini di setiap daerah di Indonesia. Garut (Maranta arundinacea) merupakan tanaman umbi-umbian tropis asli Indonesia. Ya benar, garut bukan hanya nama kota ya Sahabat Mahkota. Nah, umbi dari tanaman ini juga bisa diolah menjadi tepung. Tepung garut ini ternyata cocok sebagai pengganti yang pas untuk tepung sagu dan tepung tapioka ketika digunakan sebagai bahan pengental atau campuran kue. Berdasarkan hasil penelitian tepung garut juga mengandung manfaat bebas gluten, memiliki berbagai manfaat kesehatan dan juga dapat digunakan sebagai obat(1).

Foto tanaman maranta arundinacea
Foto Tanaman Maranta Arundinacea atau Garut atau Arrowroot atau Irut
Pati Lirut
Foto Rimpang/Rizoma Tanaman Maranta Arundinacea atau Garut atau Arrowroot atau Irut

Di Indonesia, umbi garut ini dapat diolah dan menjadi sumber makanan ketika musim paceklik, tepung irut dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat alternatif yang lebih sehat. Tepungnya bisa diekstraksi dari rimpang atau rizoma tanaman. Tanaman ini sangat mudah dibudidayakan, tumbuh di daerah dataran rendah dan tinggi 500 dpl dan dapat tumbuh pada daerah yang pada dasarnya kurang subur. Tanaman Umbi garut/irut selain dapat langsung dikonsumsi setelah dimasak akan tetapi tumbuhan garut yang memiliki corak daun yang indah kadang juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Pada artikel ini kita akan berfokus untuk mengulas nutrisi, manfaat, dan kegunaan garut.

Profil Nutrisi Garut

Garut kaya akan kadungan protein dan beberapa nutrisi lainnya, garut juga memiliki sifat mudah dicerna, sehingga ideal untuk anak-anak dan orang dewasa yang mungkin membutuhkan makanan yang lebih lembut(2). Tepung garut ini karena sifatnya yang mudah dicerna oleh tubuh maka dianjurkan sebagai makanan konsumsi bagi Anda yang sedang dalam masa pemulihan pasca sakit.

Sekarang kita akan paparkan kandungan nutrisi garut. Seperti layaknya tepung lain, tepung garut juga tinggi karbohidrat. Pada setiap porsi 1 cangkir (120 gram) garut mentah yang diiris mengandung nutrisi sebagai berikut(3):

  • Kalori: 78
  • Karbohidrat: 16 gram
  • Serat: 2 gram
  • Protein: 5 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Tembaga: 0,121 mg
  • Asam Folat (vitamin B9): 102% dari Nilai Kebutuhan Harian atau Daily Value (DV)
  • Fosfor: 17% dari DV
  • Zat Besi: 15% dari DV
  • Kalium: 11% dari DV
  • Magnesium: 12% dari DV

Ternyata, garut memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari umbi-umbian lainnya. Hal ini telah dibuktikan pada sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of Food Science and Technology pada tahun 2013. Selain itu, ia juga menyediakan lebih dari 100% DV untuk folat (vitamin B9), yang mana vitamin ini penting untuk perkembangan janin selama masa kehamilan dan pembentukan DNA. Rendahnya tingkat vitamin ini dikaitkan dengan peningkatan risiko cacat lahir dan penyakit kronis seperti kanker (4)(5).

Karena kandungan patinya yang tinggi, garut cocok untuk diet bebas gluten, membantu menurunkan berat badan, membantu mengobati diare, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Mahkota Dollar Healthy Tips

Potensi Manfaat Kesehatan Garut

Secara historis, garut telah digunakan karena manfaat pengobatannya. Berikut manfaat kesehatan garut terkait dengan kandungan dan komposisi patinya:

1. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Tepung garut terdiri dari 32% pati resisten, yang tidak dapat dicerna oleh tubuh Anda. Ini membentuk gel kental ketika dicampur dengan air dan berperilaku seperti serat larut dalam usus Anda(2)(6). Makanan tinggi serat dan pati resisten memperlambat laju pencernaan Anda, memberi Anda perasaan kenyang yang berkepanjangan. Pada gilirannya, ini dapat mengatur nafsu makan Anda dan menyebabkan penurunan berat badan(6)(7). Selain itu kandungan protein garut dapat membantu perasaan kenyang juga.

2. Dapat Mengobati Diare dan Sakit Perut

Garut dapat membantu mengobati diare baik dengan mengencangkan tinja yang encer dan membantu Anda rehidrasi. Diare yang parah dapat menyebabkan kehilangan cairan, dehidrasi, dan bahkan kematian — terutama pada populasi yang rentan, seperti anak-anak. Dalam sebuah penelitian selama sebulan, 11 orang dengan diare yang mengonsumsi 2 sendok teh (10 mg) bubuk garut 3 kali sehari mengalami lebih sedikit diare dan sakit perut(8). Kandungan pati garut yang tinggi membantu meningkatkan konsistensi dan ukuran tinja. Ini juga mengurangi frekuensi evakuasi Anda agar tidak bolak-balik ke toilet. Tingginya kadar pati ini juga dapat membantu tubuh Anda rehidrasi untuk menebus kehilangan cairan akibat diare.

Baca Juga:  Suplier Tepung Tapioka Berkualitas di Pasar Lampung
3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Kandungan pati resisten garut dapat merangsang sistem kekebalan tubuh Anda. Faktanya, umbi ini merupakan sumber potensial prebiotik, yaitu sejenis serat yang memberi makan bakteri baik yang terdapat di usus Anda(6)(9)(10)(11). Serat prebiotik dari garut ini tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia oleh karena itu, prebiotik akan langsung bergerak menuju saluran pencernaan bagian bawah dan berinteraksi dengan probiotik (bakter baik). Bakteri baik pada usus dapat meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh Anda, karena mereka menghasilkan banyak vitamin dan menyerap mineral penting yang dibutuhkan sistem kekebalan Anda untuk berfungsi dengan baik. Terlebih lagi, mereka bahkan dapat memengaruhi bagaimana tubuh Anda merespons berbagai penyakit(12). Menariknya, pati resisten pada garut juga bisa digunakan untuk alternatif produk bebas gluten karena membantu meningkatkan tekstur, kerenyahan, dan rasanya.

4. Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Seperti yang telah kita jelaskan diatas, tepung garut mengandung vitamin B9 yang mengandung asam folat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil  yang penting bagi pembentukan dan perkembangan janin bayi serta menghindari kecacatan bawaan dari lahir. Tepung garut juga dapat diolah menjadi bubur atau biskuit.

5. Mengurangi Nyeri Akibat Peradangan

Kandungan anti inflamasi pada tepung irut dapat membantu mengurangi rasa sakit pada nyeri gusi dan mulut. Cara penggunaannya mudah cukup oleskan tepung irut pada bagian yang sakit.

6.Membantu Mengatasi Masalah Tidur

Anda sedang berjuang dengan gangguan tidur atau insomnia? Pastikan diet Anda memenuhi dosis kadar magnesium yang direkomendasikan. Garut yang memiliki kandungan magnesium yang tinggi dengan takaran sekitar 25 mg magnesium per 100 g porsi. Menambahkan tepung yang luar biasa ini ke dalam rencana diet Anda dapat membantu meningkatkan durasi, kualitas, dan ketenangan tidur malam yang lebih nyenyak.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kalium merupakan mineral vital yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Menjadi vasodilator, kekayaan potasium dalam garut dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan arteri. Ini sangat penting untuk mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko serangan jantung, aterosklerosis, dan stroke. Selain itu, senyawa bioaktif seperti alkaloid, senyawa fenolik, flavon dan saponin dalam garut membantu mengurangi kadar kolesterol dan menjaga profil lipid pada pasien dislipidemia. Sertakan garut sebagai bagian dari rejimen diet sehat untuk menuai insentif yang luar biasa untuk meningkatkan kesehatan jantung.

8.Meningkatkan Sirkulasi Darah

Garut kaya nutrisi termasuk vitamin B kompleks, zat besi dan tembaga yang penting untuk pembentukan sel darah merah dan menjaga aliran darah ke organ vital. Ketika organ vital dan otot disuplai dengan aliran darah yang baik, maka hal itu dapat mencegah kelelahan, kelemahan, dan anemia. Selain itu, peningkatan sirkulasi darah ke sistem saraf meningkatkan kognisi, memori, dan kekuatan otak. Minuman kesehatan berbasis garut adalah penambah energi olahraga yang hebat yang meningkatkan stamina dan daya tahan.

9. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Sejumlah besar kandungan kalium yang ada dalam garut membantu membersihkan limbah dan racun dari ginjal. Ini sangat penting untuk mengatur tekanan darah dan memastikan fungsi ginjal yang optimal. Selain itu, sifat anti-inflamasi dari bubuk garut membantu dalam mengobati infeksi kandung kemih dan saluran kemih.

10. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Garut diperkaya dengan nutrisi penyembuhan kulit seperti vitamin, antioksidan, dan protein, mengobati noda, bekas jerawat, ruam, dan pigmentasi. Menggunakan masker wajah berbahan dasar garut sangat berguna untuk memulihkan sel-sel kulit mati dan mengembalikan kilau alami kulit Anda. Selanjutnya, bubuk garut yang sarat dengan senyawa bioaktif banyak digunakan dalam produk perawatan kecantikan yang membantu mempertahankan kelembapan dan menutrisi kulit dari dalam.

Tags:
Bagikan ke social media sahabat mahkota yuk!

Jika sahabat mahkota benar-benar terbantu tentang topik ini dan orang lain layak untuk tahu juga, maka jangan lupa klik link sosial media dibawah ini dan bagikan yak! Thanks 😊

Tinggalkan Balasan

Related posts:

Featured posts:

Yuk berlangganan konten kami