Mengenal Tepung Tapioka: Apa Itu dan Bagaimana Menggunakannya

Pengenalan Tepung Tapioka Apa Itu dan Bagaimana Menggunakannya
Author
Shopee Icon Tokopedia Icon TikTok Shop Mahkota Dollar Link Tree Mahkota Dollar

Pengenalan Tepung Tapioka

Tepung Tapioka adalah jenis tepung pati yang dihasilkan dari singkong. Tepung ini umumnya digunakan dalam berbagai macam masakan dan makanan ringan, dan seringkali menjadi bahan pengganti tepung terigu karena tidak mengandung gluten. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang tepung tapioka, pengenalan tepung tapioka termasuk asal-usulnya, nutrisi, dan cara penggunaannya dalam masakan.

Asal-Usul Tepung Tapioka

Tepung tapioka dihasilkan dari singkong, sebuah umbi-umbian yang ditanam di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Singkong telah menjadi sumber makanan yang penting bagi sebagian besar negara di Asia Tenggara, Afrika, dan Amerika Selatan selama berabad-abad. Singkong pertama kali diperkenalkan ke Eropa oleh pedagang Spanyol pada abad ke-16 dan menjadi populer sebagai bahan makanan dan minuman pada abad ke-19.

Tepung Tapioka adalah hasil dari proses pengolahan singkong. Umbi singkong diparut dan diberi air untuk membuat bubur, kemudian diayak untuk memisahkan tepung dari serat kasar dan pati. Tepung ini kemudian dikeringkan menjadi butiran halus, berwarna putih, yang disebut dengan tepung tapioka.

Nutrisi Tepung Tapioka

keunggulan tepung tapioka
Keunggulan Tepung Tapioka (DOK pertania.go.id)

Setiap 100 gram tepung tapioka mengandung sekitar 362 kalori, 0,59% protein, 3,39% lemak, 12,9% air, dan 6,99% karbohidrat. Meskipun tidak mengandung gluten, tepung tapioka memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan sedikit nutrisi lainnya, seperti vitamin dan mineral. Namun, tepung tapioka mengandung pati resistensi yang baik untuk pencernaan karena tidak mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Cara Menggunakan Tepung Tapioka dalam Masakan

Tepung Tapioka adalah bahan yang sangat serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai macam masakan dan kue. Tepung ini biasanya digunakan sebagai bahan pengganti tepung terigu dalam makanan yang tidak mengandung gluten. Tepung tapioka memiliki kemampuan untuk memberikan tekstur yang unik dan membuat adonan menjadi kenyal dan elastis, sehingga sering digunakan dalam pembuatan kue basah, kue kukus, atau kue kering.

Untuk menggunakannya, campurkan tepung tapioka dengan tepung lainnya, seperti tepung beras, tepung jagung, atau tepung kacang-kacangan dalam resep yang diinginkan. Tepung tapioka juga bisa digunakan sebagai bahan pengikat dalam resep makanan seperti bakso atau lumpia. Namun, perlu diingat bahwa tepung tapioka cenderung membuat makanan menjadi lebih kenyal dan berbahan dasar tepung ini membutuhkan teknik khusus dalam pengolahan dan penanganannya.

Rekomendasi Tepung Tapioka

Jika Anda sedang mencari tepung tapioka berkualitas tinggi, maka produk dari Mahkota Dollar bisa menjadi pilihan yang tepat. Tepung tapioka Mahkota Dollar dibuat dengan proses penjemuran yang dilakukan dibawah terik matahari, menggunakan bahan-bahan alami, dan diproses secara food grade sehingga keamanan produk terjamin. Selain itu, kebersihan tempat produksi dan produk terjaga dengan baik, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas produk yang Anda beli.

  • Sak Mahkota Dollar Master
  • Sak Mahkota Dollar Merah
  • Sak Dollar Hijau

Mahkota Dollar menawarkan tiga jenis produk tepung tapioka yang bisa Anda pilih, di antaranya adalah mahkota dollar master, mahkota dollar merah, dan mahkota dollar hijau. Mahkota Dollar Master merupakan produk unggulan yang memiliki kualitas terbaik, dengan daya rekat tinggi dan serbuk yang halus. Sedangkan Mahkota Dollar Merah memiliki kualitas nomor dibawah Mahkota Dollar Master, dan Mahkota Dollar Hijau memiliki kualitas baik. Dengan memilih produk tepung tapioka Mahkota Dollar, Anda dapat menghasilkan makanan atau kue yang lezat dan berkualitas tinggi..

Tags:
Bagikan ke social media sahabat mahkota yuk!

Jika sahabat mahkota benar-benar terbantu tentang topik ini dan orang lain layak untuk tahu juga, maka jangan lupa klik link sosial media dibawah ini dan bagikan yak! Thanks 😊

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related posts:

Featured posts:

Yuk berlangganan konten kami