Gaplek dan Bagaimana Proses Pembuatannya?

Dry fired cassava on the floor gaplek
Author
Shopee Icon Tokopedia Icon TikTok Shop Mahkota Dollar Link Tree Mahkota Dollar

Gaplek adalah bahan makanan yang terbuat atau diolah dari singkong. Gaplek biasanya banyak dihasilkan di daerah Jawa yang tanahnya kurang subur untuk ditanami padi. Sehingga masyarakat menanam singkong sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Asal Mula Gaplek

Konon, awal mula pembuatan gaplek karena singkong itu kurang begitu awet dan akan sangat sulit untuk dijadikan perbekalan ketika perjalanan jauh. Karena hal itulah singkong perlu diolah menjadi bentuk lain yang lebih awet, bisa jadi gaplek, tepung kanji, tepung gaplek, atau olahan singkong lainnya.

Gaplek inilah yang nanti akan diolah kembali menjadi berbagai macam olahan makanan. Ada dua jenis gaplek yang umum di masyarakat. Ada gaplek putih yang diasanya akan ditepungkan lalu dimasak menjadi tiwul. Ada juga gaplek hitam yang nantinya diolah menjadi gatot.

Berikut ini kita akan membahas bagaimana proses pembuatan gaplek :

Alat yang Dibutuhkan

  • Pisau
  • Ember
  • Karung
  • Tikar/terpal
  • Alas duduk yang nyaman

Cara Membuat Gaplek Singkong

  1. Pertama siapkan alas duduk yang nyaman, kupas kulit singkong dahulu kemudian cuci hingga bersih. Pastikan kupasan singkong tidak menyisakan kulit ari.
  2. Potong singkong dengan ukuran tidak terlalu panjang kemudian belah menjadi 2 bagian.
  3. Jemur potongan singkong tadi dibawah terik matahari 1-2 hari. Kemudian tutup dengan tikar/terpal selama 1 hari. Tahap ini bertujuan untuk menghilangkan racun yang ada pada singkong.
  4. Setelah itu jemur kembali hingga kering, singkong inilah yang disebut gaplek.
  5. kemas gaplek kering tadi dengan menggunakan karung dan simpan di tempat kering,
Tags:
Bagikan ke social media sahabat mahkota yuk!

Jika sahabat mahkota benar-benar terbantu tentang topik ini dan orang lain layak untuk tahu juga, maka jangan lupa klik link sosial media dibawah ini dan bagikan yak! Thanks 😊

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related posts:

Featured posts:

Yuk berlangganan konten kami