8 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Manfaat Daun Singkong
Author
Shopee Icon Tokopedia Icon TikTok Shop Mahkota Dollar Link Tree Mahkota Dollar

Singkong merupakan salah satu sumber kalori dan karbohidrat yang baik setelah padi dan jagung. Selain umbinya, daun singkong ini disebut memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat rebusan daun singkong. Apa saja kandungan kandungan daun singkong yang bisa diperoleh untuk tubuh Anda?

Kandungan Daun Singkong

Daun singkong banyak mengandung senyawa, vitamin, protein, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Protein  dalam daun singkong membantu pembentukan sel-sel tubuh yang merupakan komponen dari penyusun sistem enzim.

Dilansir dari hallosehat.com, berikut adalah daftar kandungan daun singkong yang membuatnya sangat bermanfaat :

  • Energi: 50 kal
  • Protein: 6,2 g
  • Lemak: 1,1 g
  • Karbohidrat: 7,1 g
  • Serat: 2,4 g
  • Kalsium: 166 mg
  • Fosfor: 99 mg
  • Besi: 1,3 mg
  • Natrium: 17 mg
  • Kalium: 23,1 mg
  • Seng (zinc): 2 mg
  • Beta-karoten: 3,204 mcg
  • Karoten total: 7,052 mcg
  • Tiamin (Vit. B1): 0,04 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,1 mg
  • Niasin: 1,8 mg
  • Vitamin C: 103 mg

Manfaat Daun Singkong

Jika dikonsumsi daun singkong memberikan efek kenyang, kandungan rendah kalori, dan membantu pencernaan. Berikut adalah berbagai manfaat rebusan daun singkong untuk kesehatan.

  1. Mengobati diare
    Menurut penelitian dari Journal of Ayurvedic and Integrative Medicine pada tikus lab yang terkena diare. Tikus tersebut diinduksikan secara oral dengan ekstrak daun singkong. Hasilnya, tikus yang diberi perlakuan tersebut memiliki hasil test berupa penurunan gejala diare.
    Bagi Anda mendapatkan manfaat rebusan daun singkong dalam mengobati diare, Anda dapat merebus tujuh lembar daun singkong dengan 4 gelas air hingga biarkan hingga tersisa 2 gelas.
  2. Baik untuk wanita hamil
    Daun singkong mengandung fosfor, vitamin A, C, zat besi dan kalsium yang cocok untuk ibu hamil. Zat besi dalam daun singkong membantu ibu hamil mencegah anemia, sedangkan kandungan kalsium mendukung pertumbuhan gigi dan tulang bayi.
  3. Membantu atasi demam dan sakit kepala
    Rebusan akar dan daun singkong disebut membantu meredakan demam dan sakit kepala. Caranya, tumbuk halus daun singkong kemudian tambahkan akar dengan perbandingan 400 gram daun singkong dan satu liter air. Ini harus dipanaskan direbus sampai air berkurang lalu diminum.
  4. Tingkatkan nafsu makan
    Jika Anda kesulitan menambah berat badan karena kurang nafsu makan, cobalah daun singkong. Daun singkong diduga dapat meningkatkan nafsu makan. Mengkonsumsi daun singkong meningkatkan nafsu makan dan membantu Anda menambah berat badan.
  5. Mengatasi rematik
    Mengkonsumsi daun singkong secara teratur dapat membantu meredakan radang rematik dan persendian. Hal ini dikarenakan daun singkong memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengatasi peradangan. Rheumatoid arthritis atau radang sendi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Gejala rematik yang paling umum adalah nyeri sendi, kaku dan bengkak. Rheumatoid arthritis dapat menyebabkan masalah kulit, paru-paru, dan jantung jika tidak segera diobati.
  6. Bantu mengatasi stroke
    Daun singkong dipercaya memiliki manfaat mengatasi stroke. Hal ini karena daun singkong mengandung isoflavon. Stroke dapat menyerang banyak orang dewasa kapan saja, tanpa memandang jenis kelamin. Isoflavon dalam daun singkong dapat menyembuhkan penyakit dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) penyebab stroke.
  7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Anda bisa mengonsumsi daun singkong untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Daun singkong diketahui mengandung asam folat dan vitamin C. Kedua komponen tersebut berperan penting dalam menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam daun singkong mampu menangkal radikal bebas, membantu tubuh mencegah berbagai penyakit.
  8. Sumber tenaga
    Daun singkong dianggap sebagai sumber energi bagi manusia serta sebagai sumber antioksidan. Ada banyak jenis protein dalam daun singkong. Kandungan, seperti asam amino, dalam daun singkong membantu mengubah karbohidrat menjadi energi yang digunakan tubuh selama beraktivitas.
Tags:
Bagikan ke social media sahabat mahkota yuk!

Jika sahabat mahkota benar-benar terbantu tentang topik ini dan orang lain layak untuk tahu juga, maka jangan lupa klik link sosial media dibawah ini dan bagikan yak! Thanks 😊

Tinggalkan Balasan

Related posts:

Featured posts:

Yuk berlangganan konten kami